4 Cara Memaksimalkan Manfaat Shalat Berjamaah

Ketika anda hendak shalat berjamaah, anda berwudhu di rumah atau di masjid? Jika anda shalat berjamaah dengan berwudhu di rumah, maka tindakan anda sudah tepat dalam memaksimalkan manfaat shalat berjamaah! Kenapa demikian? ”Karena jika berwudhu dengan sempurna kemudian ia keluar rumah dengan satu tujuan shalat berjamaah di masjid, maka setiap langkahnya mengangkat satu derajat dan diampuni satu dosanya” (HR Bukhari – Muslim).

Sebaliknya jika anda berwudhu di masjid, maka langkah yang dihitung hanyalah langkah dari tempat wudhu masjid, ke pintu masjid. Tidak maksimal, bukan? Karena langkah anda dari rumah tidak dihitung sebagai langkah yang dapat menaikkan derajat dan ampunan.
Sahabat, jika kita ingin tahu lebih banyak cara-cara memaksimalkan manfaat shalat berjamaah, simak hadits-hadits berikut:
“Shalatnya seorang pria berjamaah pahalanya 25 derajat dibanding sendirian di rumah atau di pasar, yang demikian itu karena jika ia berwudhu dengan sempurna kemudian ia keluar rumah dengan satu tujuan shalat berjamaah di masjid, maka setiap langkahnya mengangkat satu derajat dan diampuni satu dosanya, dan selama ia di majelis shalat tanpa hadats didoakan para malaikat, “Ya Allah, ampunilah ia dan rahmatilah ia”, dan dianggap mengerjakan shalat sepanjang menunggu waktu shalat” (HR Bukhari Muslim).
“Doa yang dipanjatkan oleh seseorang di antara waktu adzan dan iqamat, tidak akan ditolak” (HR Abu Daud, Tirmidzi).
Dari kedua hadits di atas, dapat kita pahami cara-cara untuk memaksimalkan manfaat shalat berjamaah, yaitu:
Pertama
Melaksanakan shalat berjamaah secara penuh, 5 waktu sehari
Jika kita tidak melaksanakan shalat berjamah secara penuh, maka kita akan kehilangan agungnya derajat shalat berjamaah. Apalagi bagi yang tidak shalat berjamaah Isya dan Subuh, sebab keagungan kedua waktu tersebut sangat luar biasa. “Barangsiapa yang shalat Isya berjamaah, maka ia bagaikan menegakkan shalat separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah, maka ia bagaikan menegakkan shalat semalam suntuk” (HR Muslim).

Kedua
Berwudhu dari rumah
Karena jika berwudhu dengan sempurna kemudian ia keluar rumah dengan satu tujuan shalat berjamaah di masjid, maka setiap langkahnya mengangkat satu derajat dan diampuni satu dosanya.

Ketiga

Datang ke masjid lebih awal
Selama menunggu waktu shalat (iqamat) diberi pahala seperti pahala orang shalat dan didoakan oleh malaikat. Semakin awal datang ke masjid, semakin banyak pahala menunggu waktu shalat dan doa malaikat.
Keempat
Memanfaatkan waktu mustajabah dengan banyak berdoa
Waktu antara adzan dan iqamat adalah waktu mustajabah, waktu yang doanya mustajab. Kesempatan ini nilainya sama dengan jika kita memanjatkan doa di Raudhah Masjid Nabawi, dan tempat-tempat lain di Mekah yang juga merupakan tempat mustajabah untuk berdoa.
Inilah empat cara memaksimalkan manfaat shalat berjamaah di masjid. Mari kita berusaha keras untuk senantiasa meraih manfaat shalat berjamaah secara maksimal. Semoga Allah memudahkan kita….

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...